Ciri Penyakit Kanker dan Pengertian Definisi Kanker

Ciri-Ciri Penyakit Kanker dan Pengertian Definisi Penyakit Kanker

Ciri-Ciri Penyakit Kanker dan Definisi Kanker

Ciri Penyakit Kanker dan Pengertian Kanker

Ciri Penyakit Kanker


Apa saja ciri penyakit kanker? Bagaimana cara penyembuhan penyakit kanker? Apa itu penyakit kanker? Mungkin pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering anda tanyakan kepada dokter anda, kerabat, teman, mau pun hal itu lah yang sering anda cari di mesin penelusur / mesin pencari seperti google, bing maupun yahoo. Tentu saja hal ini sangat berbeda – beda baik dari segi ciri penyakit kanker, cara penyembuhan kanker dan definisi masing-masing penyakit kanker yang bisa di derita oleh semua manusia, baik itu laki – laki (pria), perempuan (wanita), hingga anak – anak dan juga bayi, serta tak menutup kemungkinan untuk anda yang sudah berusia lanjut (berumur tua / usia indah). Perlu diketahui juga Kanker Rabdomiosarkoma juga bisa berbeda ciri penyakit kanker nya dengan Kanker lain. Untuk info seputar Kanker Rabdomiosarkoma pada anak, bisa cek ke sini: KANKER RABDOMIOSARKOMA PADA ANAK-ANAK

Dengan berbagai macam keunikan dari satu kanker dan kanker yang lainnya, maka perlu pengawasan dan kesiagaan terhadap semua ciri – ciri penyakitkanker yang bisa saja muncul dan menyerang anda.  Beberapa ciri penyakit kanker menunjukan gejala dan ciri yang tampak dengan mata biasa, tetapi tidak menutup kemungkinan, tak sedikit ciri penyakit kanker yang tak menunjukkan sedikit pun tanda yang tampak dengan mata biasa anda, tetapi harus melewati seragaman tes uji lab atau pun harus dari analisa diagnosik dari dokter spesialis. Ada juga kanker dengan spesialisasi tertentu, baik itu yang ganas maupun yang biasa - biasa saja tetapi tetap merusak tubuh anda.

Apa Karakteristik dan Ciri Penyakit Kanker?
Diagnosa dan penentuan, perbandingan serta karakteristik yang muncul dari ciri penyakit kanker ini dapat dilihat dari 4 perkembangan dan tahap tumor menjadi kanker serta perubahan kanker berdasar stadium nya, berikut ada 4 ciri penyakit kanker yang di bedakan menjadi:
-          Perbedaan Kanker atau Diferensiasi (Diferensial) dan anaplasia Kanker
-          Laju (kecepatan) tumbuh kembang dari penyakit Kanker
-          Penyerangan dan wilayah terserang nya tubuh oleh Tumor dan Kanker
-          Metastasis Kanker (Penjelasan lebih lanjut akan di lanjutkan pada artikel kanker berikutnya)

1.       Differensial dan anaplasia Kanker
Diferensiasi berarti dan di definisikan sebagai tolak ukur sejauh mana sel - sel kanker yang menyerupai precursor morfologis dan fungsional kanker tersebut. Diferensiasi dan anaplasia pada kanker hanya terjadi pada jaringan parenkim dan tidak terjadi di bagian tubuh jaringan Stroma. Stroma merupakan bagian penting dalam hal penyediaan darah untuk sel - sel kanker tetapi tidak memiliki peran yang berarti dalam diferensiasi di antara kanker beningn dan sel kanker yang ganas. Namun Jaringan stroma yang menentukan konsistensi dan keberadaan sebuah kanker. Kanker stroma yang memiliki Stroma berserat keras dan padat serta berlimpah disebut Stroma Scirrhous.

Kanker Beningn terdiri dari sel – sel yang berbeda tetapi yang mirip seperti sel mitosis dan sel normal yang janggal dan jarang ada. Sel ganas memiliki berbagai diferensiasi parenkim dari diferensiasi baik untuk benar-benar ter-un - diferensiasi. Semakin lebih di diferensiasi, maka kemampuan sel akan lebih untuk melakukan fungsi normal nya.

Kanker ganas adalah kanker yang terdiri dari sel - sel terdiferensiasi yang disebut sebagai anaplasia. Anaplasia adalah Hallmark yang terganas. Anaplasia merupakan Istilah harfiah yang berarti "sebelum mundur" atau dalam bahasa aslinya di sebut sebagai “before backward” yang berarti hilangnya diferensiasi struktural dan fungsional dari sel normal.

Anaplasia memiliki pleomorfisme yang baik serta ditandai ("pleomorfisme" yang berarti adanya variasi yang ditandai dalam bentuk ukuran dan bentuk sel yang ada).

Sel menunjukkan fitur dan ciri sebagai berikut berikut:

* Mitosis banyak dan atipikal,

* Inti dalam hal ini nucleus adalah hiperkromik,

* Rasio nukleus ke sitoplasma menjadi sama yakni 1:1

* Sel raksasa yang berbentuk lebih besar,

* Sel anaplastik memiliki banyak dan berbentuk aneh.


Dyslasia adalah istilah yang dimaksud sebagai kerugian dalam keseragaman sel individu dalam orientasi arsitektur mereka. Ketika sel-sel displastik melibatkan seluruh ketebalan dari jaringan epitel yang disebut karsinoma di mana yang tahap pra kanker menjadi invasif. Perubahan displastik sering ditemukan berdekatan dengan jarak fokus dari sel-sel ganas tetapi displasia tidak selalu berkembang menjadi kanker, tetapi tak menutup kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker dan tumor.


2.       Laju Pertumbuhan Kanker:

Sebagian besar kanker tumbuh lebih cepat dan pada akhirnya menyebar ke jaringan sekitarnya serta bermetastasis dan dengan demikian menyebabkan kematian pada penderita kanker. Tumor tumbuh lebih lambat kecuali tumor Beningn leiomyoma rahim yang tumbuh lebih cepat karena meningkatnya tingkat estrogen. Laju pertumbuhan kanker ganas tergantung pada tingkat diferensiasi. Sebuah kanker secara klinis terdeteksi mengandung populasi heterogen sel, yang berasal dari sel klonal tunggal.



3.       Daerah Tubuh Terserangnya Kanker:

Sebuah tumor beningn tetap terlokalisasi di situs (daerah tubuh) asalnya, kanker itu tidak menyerang, menyusup, atau bermetastasis ke tempat yang jauh seperti halnya kanker ganas, Tumor beningn yang dikemas. Kapsul berasal dari stroma jaringan penderita kanker.

Kanker ganas tumbuh dengan infiltrasi progresif, invasi, kerusakan dan penetrasi jaringan tubuh  sekitarnya. Invasi lokal adalah ciri penyakit kanker yang paling penting yang membedakan di antara kanker beningn dan kanker yang ganas.


0 komentar:

Poskan Komentar